Ibadah Umrah : Tips Menghitung Biaya Umrah

Masing-masing orang punya kriteria tertentu dalam memilih travel yang akan digunakan untuk ibadah umrah. Hal yang paling sering menjadi kriteria adalah harga . Maka jangan heran banyak yang terjebak dengan travel murah dan akhirnya tidak jadi berangkat umrah karena tertipu.

Sebenarnya inti dari ibadah umrah bisa dikerjakan 1 hari di Masjidil Haram,Makkah. Namun para biro travel biasanya menggabungkan ibadah umrah dengan ibadah lain di Madinah dan Makkah serta city tour kota Makkah dan Madinah. Oleh karenanya, rata-rata travel menawarkan paket umrah lebih dari 7 hari, bahkan ada beberapa travel yang menawarkan paket umrah dengan Turki, Masjid Aqsa, ataupun Mesir.

Kembali lagi ke niat awal, tujuannya Ibadah apa sekalian jalan-jalan ya 🙂

Tapi yang baru pertama kali Umrah sih sebaiknya ambil paket Madinah Makkah saja.

Sebenarnya ada cara sederhana untuk menghitung biaya umrah dengan menghitung 4 komponen berikut yaitu tiket pesawat, hotel, makan dan transportasi selama disana




Untuk memudahkan kali ini saya akan coba simulasi biaya untuk Paket umrah 9 hari ( 3 hari di Madinah , 4 hari di Makkah dan 2 hari perjalanan dari JKT ke ArabSaudi)

  1. Biaya tiket pesawat

Saat ini hampir semua orang sudah memiliki smartphone yang sudah terkoneksi internet. Bagi yang suka surfing di dunia maya bisa mengakses aplikasi pembelian tiket dan hotel yang sudah banyak tersedia seperti traveloka, tiket.com dll. Dari aplikasi tersebut sebenarnya kita bisa cek untuk harga tiket pesawat ke Madinah atau Jeddah(Makkah). 

Setau saya tidak ada maskapai yang langsung ke Madinah, biasanya berhenti di Jeddah, Muscat atau Abu Dhabi.

Jika menggunakan maskapai Saudia Arabia Airlines dengan tujuan Madinah maka pesawat akan berhenti terlebih dahulu di Jeddah untuk menurunkan penumpang dengan tujuan Jeddah dan pergantian awak kabin serta pembersihan kabin yang kira2 membutuhkan waktu sekitar 30 sd 1 jam. Sementara penumpang tujuan Madinah tetap berada di pesawat. Kemudian pesawat akan take off kembali menuju bandara Bandar Udara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz Madinah

Nah klo tujuannya hanya ibadah umrah saja cukup ke kota Makkah saja tapi sayang ya udah ke sana tidak ke Madinah mengunjungi Masjid Nabawi yang pahalanya juga besar jika shalat di sana.

Perkiraan harga tiket PP  (JKT-Madinah, Jeddah(Makkah)-JKT) sekitar 10 sd 20 an juta  tergantung maskapai yang digunakan.

Pemilihan maskapai perlu diperhatikan apabila membawa orang tua atau anak-anak. Jangan sampai kebanyakan transit dan butuh waktu transit yang lama sehingga membuat lelah di perjalanan. Namun jika terpaksa harus menggunakan maskapai dengan mode transit harus dihitung kira2 waktu tunggu, waktu delay atau proses pergantian pesawat di tempat transit.

2. Biaya hotel

Dari aplikasi yang sudah tersedia di dunia maya bahkan beberapa aplikasi seperti agoda, utiket bisa membandingkan berbagai hotel dengan fasilitas yang berbeda. Nah dari harga tersebut dan fasilitas yang ditawarkan kita bisa pilih sesuai dengan yang kita mau. Biasanya kriteria utama yang dicari selain harga adalah jarak hotel ke Masjidil Haram atau ke Masjid Nabawi.

Pada dasarnya disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi itu hotel plus tempat jualan.

Nah tata kota di Madinah lebih rapi ketimbang di Makkah.

Khusus untuk di Makkah jika membawa orang tua atau sepuh atau bawa anak kecil sebaiknya memilih hotel yang dekat masjidil haram, klo yang jauh khawatir jalannya menanjak karena struktur kota yang seperti kuali.

Klo melihat beberapa postingan para jamaah yang sudah ke Mesjidil Haram, rata-rata identik dengan Zam-zam Tower. Nah klo mau cari hotel dekat pintu king abdul azis atau depan Zam-zam Tower maka pilihlah hotel disekitaran zam-zam Tower. Tapi biasanya hotel-hotel tersebut penuh atau sudah dibook oleh para biro travel.

Untuk harga hotel bervariasi dari harga 500ribu sampai jutaan per malamnya untuk dua orang.

Untuk kamar ada juga tipe sekamar bertiga, sekamar berempat. Jika memilih kamar dengan tipe ini harus diperhatikan juga teman sekamar jangan sampai nanti kita antri kamar mandi atau berasa gak nyaman di kamar walau sebenarnya cuman numpang tidur doank.

ANggap saja hotel yang diambil yang paling murah jadi dikali 7 malam sekitar 3.5 jt

3. Biaya bus/transportasi selama di Makkah atau Madinah

Jika menggunakan biro travel maka travel akan menggunakan bis untuk  mengangkut jamaah. Bis ini digunakan untuk mengangkut jamaah dari Bandara ke Hotel serta city tour ke kota Makkah dan Madinah.

Bis juga digunakan untuk perjalanan dari Madinah ke Makkah dalam proses menunaikan ibadah umrah dengan berhenti untuk niat ibadah umrah di Jabar Bir Ali. Jarak tempuh Madinah Makkah menggunakan bis sekitar 6 jam

Sementara jika ingin pergi menggunakan taksi harus pinter nawar karena selama disana tidak menemukan taksi dengan argo atau transportasi dengan harga yang jelas. Nah harga taksi menyesuaikan dengan jarak tempuh . Klo dibilang sama dengan harga taksi di Jakarta.

Jadi bisa dibilang sekitar 1 s.d 2 jutaan untuk biaya transport dengan perhitungan biaya dari Bandara ke Hotel di madinah, Bandara dari hotel ke Makkah, Madinah ke Makkah, city tour di kota Madinah (Museum Alqur’an, Mesjid Quba, Jabal Uhud dan Kebun Kurma), city tour di kota Makkah (Arafat, Mina, Jabal Nur)

4. Biaya makan

Untuk 1 kali makan di Makkah atau Madinah rata2 menghabiskan 30 SAR atau sekitar 100 sd 150 ribu rupiah. Untuk porsinya sendiri bisa untuk berdua atau bahkan untuk 1 orang tergantung habbit makannya. Tinggal di kali tiga sekitar 300 sd 450 ribu rupiah sehari

Jika paket 7 hari tinggal dikali 7 sekitar 2,1 jutaan




Nah dari keempat komponen di atas bisa dilihat biaya paling murah adalah sekitar 16 jutaan untuk paket 9 hari

Harga tersebut belum termasuk biaya perlengkapan (koper, baju seragam, name tag dll) yang biasa diberikan oleh biro travel sekitar 1 jutaan, biaya visa sekitar 500 ribu,, biaya mahram bagi yang tidak pergi bersama mahram sekitar 500 ribu, suntik maningitis 300 ribuan.

Jadi total sekitar 18 jutaan.

Tentunya jika menggunakan travel, akan ada biaya lain yang diperhitungkan oleh travel seperti biaya muttawif/pembimbing selama di Makkah dan Madinah, biaya manasik dan gaji karyawan yang mengurus keberangkatan baik di Jakarta maupun di arab saudi nantinya

Nah jika semua biaya sudah dihitung tinggal pilih deh travel yang menawarkan harga yang masuk akal.

Tidak semua orang memilih travel karena biaya tapi ada juga karena ikut pengajian ustadz tertentu yang punya biro travel atau mungkin referensi dari sanak keluarga atau juga karena sanak family atau temannya yang punya travel.

Nah untuk perjalanan umrah pertama saya, saya memilih biro travel karena ikut pengajian ustadz yang memotori biro travel tersebut.

Bersambung Umrah Pertama dengan KHB Travel