Review e-Commerce – KlikIndomaret dan Alfaonline

Mungkin yang tinggal di kota2 besar seperti Jakarta dan Bandung sudah familiar dengan indomaret dan alfamart. Mini market yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari, klo pake bahasa gw, warung dengan konsep modern.

Alfamart dan indomaret ini juga sudah melakukan expansi dengan mendirikan beberapa kios dengan konsep yang berbeda seperti alfamidi, indomaret point dan kawan-kawannya.

Dari tahun 2015, kedua jaringan peritel ini juga melebarkan sayapnya melalui e-commerce dengan memperkenalkan klikindomaret.com dan alfaonline.com.

Dengan e-commerce, peritel ini pun melakukan expansi terhadap supplier dari barang2 yang diperdagangkan di layanan situs online ini meliputi barang2 kebutuhan sekunder seperti pakaian dan kawan2. Keberadaan situs online ini tentunya membantu para customer khususnya di kota2 besar yang tidak punya waktu lagi untuk antri di toko ataupun harus ke toko karena kondisi kemacetan ataupun kesibukan yang menyita waktu.

Konsep yang ditawarkan oleh kedua e-commerce ini adalah online dan offline. Ada dua tipe barang yang klo bisa gw grupkan di sini, sederhananya groceries dan non groceries. Groceries adalah barang2 yang memang sudah diperjualbelikan di indomaret/alfamart  seperti barang kebutuhan pokok sehari2 meliputi shampoo, beras dll, intinya barang ini sudah ready stok di toko. Sedangkan non groceries adalah barang2 kebutuhan sekunder yang disediakan oleh supplier.

Nah, jika customer memilih barang dengan kategori groceries, maka ada dua pilihan untuk pengambilan barang yaitu di ambil di toko atau di antar ke alamat. Nanti akan ada rekomendasi indomaret/alfamart terdekat dari alamat. Jadi barang2 yang kita pilih nantinya disesuaikan dengan stok indomaret/alfamart terdekat, jika barang2 yang kita pilih tidak ada maka sistem akan merekomendasikan untuk menghapus barang2 tersebut.Untuk antar alamat, kita pun bisa memilih waktu pengiriman, terlihat bahwa sistem ini sudah mengakomodir kebutuhan customer yang mobilitasnya tinggi, jadi kita bisa menyesuaikan kapan petugas indomaret/alfamart datang ke alamat kita.

Sedangkan barang kategori non groceries, maka akan dikirimkan oleh supplier, klo kebetulan kita beli barang jenis ini dari beberapa supplier berbeda maka barang akan dikirim satu persatu sesuai dengan proses bisnis pengiriman dari masing-masing supplier.

Sekian dulu review dari gw, nanti di update flowchart bisnisnya klo sempet 😀

Advertisements