Mengatur Uang itu sulit tapi bisa dilakukan

Sebagai seorang PNS gol 3A dengan penghasilan 6 sd 10 jt, membuat gw musti bisa mengatur keuangan dg baik. Biasanya gaya hidup meningkat dengan bertambahnya penghasilan. Jika tidak pintar mengatur keuangan bisa bablas nantinya.

Saat ini gw masih dalam tahap belajar mengatur uang, biasanya di awal bulan ketika gaji masuk, gw selalu membayar semua kebutuhan. Sebaiknya bisa saving 1/3 gaji.Namun saat ini masih belum bisa.

Biasanya dari gaji yang gw dapatkan d awal bulan gw mengahabiskan semuanya untuk hal berikut ;

1. Kosan +gaji bibi(1/6 gaji)

2. Asuransi

3. Buat d kampung (1/3 gaji)

4 .sisanya untuk makan sebulan,jajan adik gw yg  sedang kuliah dan keperluan lainnya

Nah biasanya tabungan gw peroleh dari dinas luar ataupun uang makan yang selalu gw terima per 3 bulan nya.

sempat sih jualan online karena hobi gw yang suka shopping, jadi keuntungannya bisa dipake buat belanja. Tapi karena sekarang agak sibuk jadi gak sempat jualan.

selain itu punya 2 kartu kredit dengan masing2 limit 5 juta dan 6 juta. Membuat gw musti hati2. Tadinya punya kartu kredit cuman untuk keperluan tertentu saja. Klo beli elektronik atau belanja dengan merchandt tertentu biasanya ada promo dari cc yg gw punya.

Biasanya klo lagi kere gw suka memanfaatkan kartu kredit.Tapi sekarang gw lg berusaha memakai cc untuk belanja d carrefour aja. Karena gw belum mau menutup cc ini, walaupun pernah suatu saat gw menghabiskan limit kedua cc ini,,,kebayang donk bayarnya gmn, ampe ngirit2.

Sempat sih nyatat pengeluaran d note,tp cara ini kurang efektif. Alhasil dengan membayar semua pengeluaran d awal bulan menurut gw cukup efektif, jadi mau gak mau gw harus bertahan dg sisa uang yang ada.serta menggunakan cc dg bijak.

semoga gw bs lulus ujian pengaturan uang ini 🙂

