belajar SiteManager

kebetulan gw terlibat project buat aplikasi rumah sakit
dan kebetulan juga project ini telah jalan 8 bulan dan beberapa bulan lagi apliksi rumah sakit ini musti udah selesai

nah pembangunan sistem ini menggunakan siteManager framework yang mendukung bahasa pemrograman php4.
terus terang gw belum pernah menyentuh yang namanya framework untuk bikin aplikasi web pake php.
Alhasil satu minggu pertama gw musti belajar cepat mengenai framework ini.

setelah googling,,gw heran kenapa tutorial mengenai framework ini sulit didapat,,,apa karena gw kurang lihai dalam googling or gimana….
terpaksa dech gw belajar dari coding orang untuk lebih memahami framework ini.

tapi untungnya pada Roadsend ada contoh aplikasi sederhana bagaimana menggunakan framework ini
walau gw musti belajar lagi untuk mengerjakan modul2 pada sistem rumah sakit ini karena contohnya so simple hehehhe

nah mungkin ada yang belum bisa menggunakan aplikasi sederhana pada Roadsend

ini gw kasih informasi dikit tapi konfigurasinya pake linux n lampp ya
1. download dulu siteManager librarynya terserah mo format tar or zip
2. kemudian di tar or unzip
3. pada folder siteManager-2.6.0 itu terdapat folder skeletonSite dan testSite yang merupakan contoh sederhana penggunaan framework ini
4. ganti dulu php yang digunakan jadi php4
5. copy siteManager-2.6.0 ke /opt/lampp/htdocs (supaya memudahkan sebaiknya rename aja nama folder siteManager-2.6.0 jadi siteManager)
6. kemudian pindahkan folder skeletonSite dan testSite yang ada di dalam siteManager ke /opt/lampp/htdocs
7. folder siteManager merupakan library yang musti ada ketika membuat aplikasi web dengan menggunakan framewok siteManager
8. So untuk dapat menjalankan testSite dan skeletonSite maka copy dulu siteManager ke dalam folder testSite dan skeletonSite
9. untuk skeletonSite ada beberapa file yang musti diedit dulu agar aplikasi ini dapat dijalankan
9.1. pertama file /admin/common.inc
require("siteManager.inc"); ganti jadi
require(dirname(__FILE__)."../../siteManager/siteManager.inc");

$adminDir = "/var/www/html/project/admin/"; ganti jadi
$adminDir = dirname(__FILE__)."/";

9.2. pada file siteManager/siteManager.inc
$SM_rootDir = ''; ganti jadi
$SM_rootDir = '/opt/lampp/htdocs/skeletonSite/siteManager/';

9.3. pada file siteManager/config/globalConfig.inc
VAR name="smRoot" value = "/usr/local/lib/php/siteManager/"ganti jadi
VAR name="smRoot" value = "/opt/lampp/htdocs/skeletonSite/siteManager/"

9.4 coba dech ditest tampilannya

10.nah untuk testSite sama aja dengan skeletonSite konfigurasinya

Silahkan mencoba

