Ngurusin SKCK dan Kartu Kuning

wah sekarang lagi musim penerimaan cpns,,,,nah setiap kali ada pembukaan itu selalu saja ada syarat2 yang musti d penuhi,,,

nah 2 syarat wajib yang kudu musti punya yaitu skck dan kartu kuning,,,

kebetulan gw baru saja ngurus tu syarat,,,,
dan beruntungnya gw,,,dari tahun 2008 gw udah terdaftar sebagai warga depok dengan nebeng KK om gw yg ada di depok,,

berhubung untuk ngurus skck dan kartu kuning musti sesuai dengan regional ktp,,,gw pun mengurus nya di kota depok,

jauh2 gw datang dari jkt ke depok buat ngurus dua persyaratan ini,,,

nah gw mo share pengalaman gw ngurus2 ntu surat/kartu,

Pertama SKCK(Surat Keterangan Catatan Kepolisian):
1. Minta dulu surat pengantar dari RT/RW,,,nah musti mastiin negh RT/RW nya ada ditempat pan biasanya pada kerja klo siang,,,jadi musti datang pagi or malam or klo ketua RT/RWnya kagak kerja lebih gampang bisa ditemuan kapan saja

2. Habis ngurus surat pengantar dari RT/RW datang ke kelurahan untuk ngurus surat pengantar dari Kelurahan nah persyaratannya :
– Fotokopi KTP 1 lbr
– Fotokopi KK 1 lbr\
– Surat Pengantar dari RT/RW

3. Nah udah dapet tuh surat pengantar dari kelurahan,,,istirahat dulu,,,bis itu datang dech ke polres setempat,,,
nah pas di loket pengambilan formulir skck musti siapin dulu
– foto berwarna 4×6 berwarna (5 lbr)
– Surat pengantar dari Kelurahan
– Fotokopi KTP 1lbr

trus baru dech di kasih formulir SKCK (musti di isi lengkap,,,ada petunjuk pengisiannya kok) + persyaratan yang dikasih tadi
bis itu ke ruang sidik jari
ngambil blanko
blanko nya di isi
trus blanko plus
trus jari nya di kasih tinta hitam
di sidik dech jarinya
trus di kasih sabun
suruh cuci tangan ^_^

habis itu tunggu dipanggil
bis itu persyaratan tadi di ambil and dikasih in lagi ke tempat pengambilan formulir skck
n bayar seikhlasnya

habis itu tunggu dipanggil
n dapet dech skcknya
fotokopi 5 lembar
trus dikasih in lagi
trus dilegalisir n bayar RP 10.000

wah kelar tuh ngurusnya,,,,^_^

abis itu saatnya ngurus KARTU KUNING
nah klo ngurus kartu kuning ini mah gampang
tinggal datang ke depnaker regional sesuai KTP

Persyaratannya:
Fotokopi KTP 1lbr
Fotokopi ijazah terakhir 1lbr
Foto 3×4 berwarna/tidak 2lbr
Fotokopi KK 1lbr

dikasih ini tuh persyaratanny
tunggu dipanggil
d suruh tanda tanganin kartu kuningnya
fotokopi 6 lembar
bis itu di legalisir
n bayar seikhlasnya

kelar dech bikin kartu kuningnya

nah itu dech step2 yang musti dilaluin klo bikin SKCK n kartu kuning
selamat mencoba ^_^

NB : gw baru tau ada uang sukarela alias bayar seikhlasnya
mana ada tuh kayak gituan :p
birokrasi yang aneh

33 Comments

mungkin itu istilah untuk pungutan tidak resmi..
soalnya dulu pas aku perpanjang KTP juga ada gituan juga..

ya,, itung-itung ucapan terima kasih gitu… amal dikit.. ^^

Teh,?
Klo mao bkin krtu kuning pake surat pngantar RT/RW ga?

oh gitu ya rif

kenapa gak pakai istilah biaya administrasi aja hehehe

Depnaker depok tuh tepatnya di mana yahh..??

Depnaker depok tuh tepatnya di mana yahh..?????
di kantor walikota depok sebelah ITC depok bukan sihhh..??

iyah d sana
di kantor walikota depok sebelah ITC depok

Thanks infonya mbak, kebetulan baru mo ngurus 2 hal ini di Depok juga :D

Makasih bgt buat infonya.. Sangat membantu :) Sy lg bingung ngurus kartu kuning di depok..

yup

thx for your info… very useful

u r welcome ^_^

makasih banget infonya, aku juga masih bingung, yang harus dibawa apa aja, kalo bolak balik males juga, n makan waktu banyak (mana cuma 1 hari lbur kerja).. btw waktu yang pas kapan ya, karena 2 syarat itu ada expired n harus diperpanjang ya? sementara penerimaan cpns biasanya tengah sampai akhir tahun begitu..? trims infonya teman..

ohya ,kalau cpns bumn juga pakai kartu kuning ga? biasanya kapan jadwal penerimaan nya ya? khususnya Perum Perhutani..

klo skck biasanya berlaku cuma 3 bulan ,,,jadi harus diperpanjang,,,,syarat perpanjangan skck cuma fotokopi ktp plus foto

hmm bumn itu bukannya status kepegawaiannya swasta ya???

mmm,, klo perpanjang katu kuning gmn tuwh???

thankQ ya,,,,btw mending k depok gw dari jkt ke solo

thanks a lot y mbaa…bener2 mmbantu

Thanx berat infonyA…

wah berguna sekali postingannya.. trimakasih ya mba..
btw,kalau urus skck di kepolisian hari sabtu buka nggak ya mba??kalau disnaker juga buka?trimakasih…

@fatim : u r welcome…wah semangat

@karina : yup

@ircham : u r welcome

@ika : setau aku polres buka sabtu…tapi klo disnaker kayaknya enggak

makasih ya kk infonya…Insya Allah besok senin mau ngurus skck di polres depok..abis itu bikin surat kuning…

kantor depnaker masih di samping ITC ya??

thanks infonya mba…

Pengen Sharing mengenai biaya pembuatan SKCK

tgl 24 sept. 2010
gw bikin SKCK di Polres Depok
kena biaya sebagai berikut:
biaya admin: 10rb
biaya sidik jari: 10rb
biaya legalisir : 10rb

kalo biaya buat surat kuning di Disnaker Depok
biaya seikhlasnya tapi gw ngasih 5rb karena orang sebelah gw jg ngasih 5rb (tapi kyknya kegedean)

Kalo mau bebas pungli gw punya saran…

Anda hrs bawa kuitansi,jadi Stiap mau bayar..Anda suruh yang minta byaran untuk tanda tangan di kuitansi,bilang aja alasannya supaya bisa diganti kantor..

Kalo yg pungli pasti ga berani (apalg polisi yg minta)

thx for the info! :)
utk urus SKCK hari sabtu jam 8.30-12.00. kl senin-jumat jam 8.30-14.00. istirahat jam 12-13, kecuali jumat jam 11.30-13.00
perpanjang SKCK jangan lupa bawa fotokopi/asli SKCK lama.

thanks alot buat infonya yahh
birokrasi urmit banget :(

kalo pake STL surat tanda lulus bisa g yah? ijasah belom keluar euuy…nuhun

dan beberapa tahun kemudian, aku pun membaca tulisan ini lagi untuk mengurus skck dan kartu kuning..
Hehe.. tx ya didi… :D

wah arif mau jadi pns juga ternyata hehehe

kak biaya seiklasnya,kira kira brpa ya?:)

apkah ketu kuning bisa di buat di luar kbupaten sediri..?

Mau tanya. Saya pernah bikin skck d polsek, tp udh abis masanya trus kalo perpanjang d polres bisa?
Katanya kalo mau ngelamar cpns bikin skck nya d polres bukan d polsek.

Terima kasih

Aku ngurus skck tanpa perlu pengatar RT..

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 138 other followers

